#menubar{ width:900px; height:32px; background:#de360f; margin: 0 auto; } #menubar ul{ float:left; margin:0; padding:0; } #menubar li{ float:left; list-style:none; margin:0; padding:0; } #menubar li a, #menubar li a:link{ border-right:1px solid #F0512D; float:left; padding:8px 12px; color:#fff; text-decoration:none; font-size:13px; font-weight:bold; } #menubar li a:hover, #menubar li a:active, #menubar .current_page_item a { color:#ffa500; text-decoration:underline; } #menubar li li a, #menubar li li a:link, #menubar li li a:visited{ font-size: 12px; background: #de360f; color: #fff; text-decoration:none; width: 150px; padding: 0px 10px; line-height:30px; } #menubar li li a:hover, #menubar li li a:active { background: #F0512D; color: #ffa500; } #menubar li ul{ z-index:9999; position:absolute; left:-999em; height:auto; width:170px; margin-top:32px; border:1px solid ##F0512D; } #menubar li:hover ul, #menubar li li:hover ul, #menubar li li li:hover ul, #menubar li.sfhover ul, #menubar li li.sfhover ul, #menubar li li li.sfhover ul{ left:auto } #menubar li:hover, #menubar li.sfhover{ position:static }

Wednesday, April 30, 2014

Sewing Tools

Sebelum memulai menjahit, ada baiknya kita pergi ke toko alat jahit untuk membeli perlengkapan tempur kita. Karena barang-barang di bawah ini wajib dimiliki setiap penjahit. Ibaratnya kalau kita mau makan,  mesin jahit adalah nasinya sedangkan peralatan menjahit ini adalah sayurnya. Tidak lengkap makan nasi tanpa sayur.

Nah apa saja peralatan penting yang wajib dimiliki penjahit.

1. Benang / thread
 Benang terdiri dari beberapa macam. Untuk benang Jahit biasanya dari bahan Polyster, ada juga benang jahit dari bahan karet. Selain benang jahit, ada juga benang sulam dan benang obras. (Sumber dari sini)


2. Jarum / needle
Jarum jahit terdiri dari beberapa macam, yaitu :
(1) Jarum pentul
(2) Jarum jahit tangan
(3) Jarum mesin. Adapun jarum mesin jahit memiliki banyak macam, saya akan membahasnya di sini.

3. Pendedel
Untuk mendedel jahitan yang salah


4. Gunting
Gunting juga bermacam-macam. Ada gunting kain, gunting kertas, gunting benang, ada juga namanya gunting bordir. Yang pasti pisahkan gunting menurut kegunaannya. Jadi jangan pernah menggunakan gunting kain untuk menggunting kertas, begitu juga sebaliknya, karena akan membuat gunting cepat tumpul.



5. Karbon
Karbon untuk menjahit biasanya berwarna kuning, merah atau hijau. Berbeda dengan karbon untuk menulis di bon ataupun kuitansi, yang biasanya berwarna hitam. Dan biasanya karbon untuk menjahit akan hilang manakala kain dicuci.

6. Rader
Teman sejati dari karbon, ya rader. Gunanya untuk menandai lebar jahitan dipinggiran kain. Rader ada yang bergerigi ada pula yang tidak.


7. Kapur Jahit
Kertas pola yang sudah kita buat pola baju, kita letakkan di atas kain, lalu gunakan kapur jahit untuk menggambar pola terebut di kain.



8. Pita ukur
Untuk mengukur badan


9. Alat Tulis
Pinsil/ pulpen dan buku untuk menulis ukuran badan.

10. Kertas Pola / Kertas Karton / Kertas sampul Coklat / Kertas Koran
Kertas apapun boleh digunakan untuk menggambar pola.

11. Penggaris
Untuk membantu menggambar pola di kertas



Itulah 11 benda penting yang wajib di miliki. Tapi bagi para penjahit profesional ada beberapa benda penting lain yang wajib juga untuk dimiliki. Yaitu:

foto dari: www.amazon.com
1. Cutting Mat (terbuat dari bahan plastik yang memiliki garis2 vertikal dan horizontal dengan tebal +/- 1mm. Memiliki ukuran bervariasi seperti ukuran kertas, A1, A2, A3 dan A4.)



2. Rotary Cutter ; pisau pemotong yang berbentuk bulat pada ujungnya. Bersama denga cutting mat, mereka adalah 2 benda yang saling melengkapi satu sama lain. Untuk memotong kain mengikuti pola. Caranya letakkan kain di atas cutting mat, lalu letakkan pola di atas kain, beri pemberat agar pola tidak bergerak saat dipotong, lalu potong dengan menggunakan Rotary cutter.

foto dari : www.sunmart.com

3. Grading Ruller : untuk membuat pola.


Itu dia benda2 penting lainnya. Tapi menurut saya, 11 benda di ataspun sudah cukup. Selamat berbelanja........O iya jika anda tetap ingin melengkapi peralatan menjahit anda dengan 3 benda terakhir yang saya sebutkan, anda bisa menemukannya di Toko Buku Gramedia.


No comments:

Post a Comment